Sejarah dan Tradisi Syi'ah di Ternate  

Posted

(By : Smith Alhadar - Jurnalist)

Mayoritas penduduk Ternate menganut Islam Sunni. Namun tak bisa dipungkiri, terdapat pula sejumlah praktik keagamaan yang berakar dari tradisi Syi'ah. Dalam hal ini, Syi'ah memiliki arti kelompok, partai, atau pengikut. Kata ini merujuk pada pengikut Ali bin Abi Thalib sebagai pemimpin pertama Ahl al-Bait. Kecuali masalah imamah, antara kaum Syi'ah dan Ahl Sunnah Wal Jama'ah hampir tak terdapat perbedaan.


Tak diketahui siapa yang membawa dan kapan praktik-praktik Syi'ah ini masuk ke sana, seperti ta'ziah dan perayaan 'asyura. Artikel ini mencoba menelusuri jejaknya berdasarkan catatan sejarah dan pengalaman penulis sebagai orang asli Ternate. Kajian ini tentu saja belum memadai, tapi mudah-mudahan berguna sebagai langkah awal menuju penelitian lanjutan yang lebih komprehensif.

Umumnya disepakati bahwa proses Islamisasi di Nusantara berlangsung seiring dengan kegiatan dagang antara berbagai komunitas yang mendiami pulau-pulau di Indonesia dengan orang Arab, Persia, Gujarat, dan Cina. Ini telah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Prof L.W.C. van den Berg menyatakan, kepulauan Indonesia telah didatangi orang Arab dari Teluk Persia dan Laut Merah sebelum zaman Islam. Tapi Nusantara baru mencapai puncak keramaian pada zaman Kerajaan Bani Abbas (sekitar 800-1300 M).

Jalur perdagangan yang ditempuh waktu itu adalah Teluk Persia, Cina , dan Indonesia. G.R. Tibbets mengatakan, pada abad VIII dan IX terdapat laporan pedagang Arab Muslim yang menunjukkan adanya rute pelayaran yang pasti melalui pelabuhan laut Asia Tenggara, terus bersambung hingga ke negeri Cina. Seorang ahli sejarah Muslim mencatat bahwa hubungan timbal balik antara orang Cina dan Arab paling awal terjadi pada abad ke-5.

Prof. Wan Hussein Azmi, guru besar Universitas Kebangsaan Malaysia, mengatakan sekitar abad VII, saudagar Arab hilir mudik berniaga di Jazirah Nusantara. Ia menegaskan Islam telah masuk ke Nusantara sejak abad ke-1 Hijrah, langsung dari tanah Arab. Barang-barang Indonesia seperti emas, lada, kapas, madu, rotan, serta kayu cendana, dibeli para pedagang Muslim untuk dijual di pasar Timur Tengah, Laut Tengah, dan Cina. Memang pada abad ke-15, jaringan perdagangan Asia, dengan Malaka sebagai pusat, merupakan kawasan perdagangan yang canggih dan luas.

Tapi Malaka tak cuma berperan sebagai sentra perdagangan Asia. Ia juga dianggap sebagai pusat penyebaran Islam di Asia Tenggara. Dari sini kemudian Islam menyebar ke daerah utara, pantai timur hingga selatan Pulau Sumatera, terus ke pesisir utara Pulau Jawa dan Kalimantan. Maluku atau spice islands, dengan Ternate sebagai sentrum, baru menjadi bagian dalam jaringan perdagangan Malaka pada abad ke-15. Cengkeh dan pala merupakan komoditas yang diincar para pedagang Jawa, Melayu, Arab, Cina, dan Persia untuk dijual di pasar Malaka, Jawa, atau dilego langsung ke pasar Timur Tengah dan Laut Tengah.

Fenomena ini kemudian menimbulkan spekulasi para sejarawan bahwa Islam mulai masuk ke Ternate pada abad ke-15, saat kejayaan Malaka mencapai puncaknya. Antonio Galvao (1536-1539), kapten benteng Portugis di Ternate, mencatat bahwa Ternate memeluk Islam yang disebarkan dari Malaka pada 1460, mengingat terdapat jalur perdagangan melalui utara, yaitu jalur Ternate-Sulawesi Utara-Sulu-Brunei-Malaka. Di sini Galvao memperoleh keterangan langsung dari masyarakat Ternate sendiri.

Rijali, pencatat peristiwa pada awal zaman Maluku yang hidup di Ambon pada awal abad ke-17, menyusun sebuah dokumen dalam bahasa Arab berdasarkan kisah-kisah tradisional. Pada mulanya (sekitar abad ke-13), demikian Rijali, Ternate dihuni orang-orang dari Jailolo (Halmahera Utara). Selama 250 tahun berikutnya, masih menurut Rijali, suku Molematiti di Ternate, dan dinasti dari 20 penguasa berikutnya, memimpin transformasi bertahap penduduk Ternate dari manusia kafir tak beradab menjadi pengikut Nabi Muhammad saw.

Kemajuan besar pertama terjadi pada masa kekuasaaan Raja Gapi Baguna (1432-1465), yang mengundang saudagar Cina, Arab, dan Jawa untuk menetap di Ternate dan memanfaatkan pengetahuan serta keterampilan mereka yang unggul. Ia lalu terpesona oleh seorang saudagar Muslim dari Jawa, Maulana Husein, yang kemudian membimbingnya bersama pejabat Istana lain, masuk Islam.

Menurut Cesar Adib Majul, Islam masuk ke Ternate pada tahun 1478, yakni berbarengan dengan jatuhnya kerajaan Majapahit. Selanjutnya ia mengatakan bahwa Islam dibawa para muballigh dari Jawa. Dari keterangan di atas terlihat ada perbedaan pendapat mengenai asal usul masuknya Islam ke Ternate. Galvao mengatakan, Islam yang masuk ke sana berasal dari Malaka. Sementara Rijali dan Cesar berpendapat dari Jawa. Namun periode masuknya kurang lebih sama, yaitu paro pertama abad VX.

Namun, Naidah dalam sejarah Ternate-nya menyatakan, kawasan ini telah masuk Islam sejak abad ke-13. Pembawanya adalah Ja'far Shodiq yang tiba di Ternate dari Jawa pada Senin, 6 Muharram 643 H/1250M. Ja'far Shadiq yang nasabnya dihubungkan dengan Imam Ali b. Abi Thalib, kawin dengan putri setempat bernama Nur Sifa. Sebelumnya, Ja'far Shadiq pernah kawin di Jawa dan memperoleh 10 anak. Dari perkawinan dengan Nur Sifa, ia memperoleh empat putra dan empat putri. Salah satu putranya, Mansur Malamo, di tetapkan sebagai raja pertama Ternate, setelah berhasil mempersatukan empat kelompok masyarakat Ternate yang suka berperang itu. Raja pertama ini memerintah sejak 1257-1277. Tiga putra lainnya berkuasa di pulau Tidore, Bacan, dan Jailolo.

Laporan Naidah ini terbilang menarik lantaran ia mempresentasikan Ja'far Shadiq, Muharram, dan 'Ali b. Ali Thalib, yang kesemuanya merupakan bagian dari wacana Syi'ah. Namun ini pun harus di pandang secara kritis berdasarkan kenyataan berikut. Pertama, laporannya tidak bersumber dari bahan tertulis atau didukung hipotesis yang logis. Kedua, ia bekerja sebagai pejabat istana Ternate yang, dengan sendirinya, menjaga kepentingan kerajaan.

Sebagaimana diketahui, persaingan memperebutkan hegemoni di antara empat kerajaan Maluku itu melibatkan pula agama dan Ahl al Bait. Kedua unsur ini agaknya menjadi faktor legitimasi bagi kepemimpinan politik di Maluku, bahkan juga di kerajaan-kerajaan Islam lain di nusantara seperti Aceh, Jawa, dan Kalimantan. Dalam hal ini, klaim sebagai pihak yang lebih dulu masuk Islam serta faktor Ahl al Bait menjadi sumber legitimasi tersebut. Toh, Tidore, Bacan, dan Jailolo juga mengklaim sebagai pihak yang paling duluan masuk Islam serta menghadirkan tokoh keturunan Nabi Muhammad.

Dalam laporan lain, berdasarkan tradisi lisan setempat, pada abad VIII empat orang Syeikh dari Irak tiba di Maluku Utara. Mereka merupakan pemeluk Islam Syi'ah. Kedatangan mereka dikaitkan dengan pergolakan politik di Irak, di mana golongan Syi'ah dikejar-kejar penguasa Bani Umayyah maupun Bani Abbasiyah.

Mereka terdiri dari Syaikh Mansur yang kemudian menyiarkan Islam di Ternate dan Halmahera muka, Syaikh Yakub yang mengislamkan Tidore dan Makian, serta Amin dan Yakub yang berdakwah di Halmahera Tengah. Akan tetapi, isi laporan ini pun harus pula dicermati secara kritis, terutama lantaran sulit dibuktikan. Di puncak gunung Gamalama dan Gunung Kie Besi (Pulau Makian), memang terdapat kuburan-kuburan keramat yang dikatakan sebagai makam Mansur dan Yakub. Namun, bagaimana bisa dipastikan bahwa makam-makam tersebut milik kedua tokoh tersebut? Amin dan Umar, yang tak meninggalkan jejak apapun, disebut-sebut kembali ke Irak.

Adanya laporan berbeda ini memaksa kita untuk mendefinisikan pengertian masuknya Islam ke suatu daerah. Paling tidak, terdapat tiga pengertian sekaitan dengan masalah ini. Pertama, suatu daerah dikatakan telah masuk Islam bila di dalamnya terdapat satu atau lebih orang asing beragama Islam. Kedua, bila di daerah tersebut sudah terdapat satu atau lebih penduduk asli menganut Islam. Ketiga, bila Islam telah melembaga di daerah tersebut.

Berdasarkan definisi ini, kita dapat merekonstruksi proses Islamisasi di Ternate ke dalam tiga periode. Periode awal berlangsung sejak pertengahan abad VIII, di mana orang Arab dan Persia Muslim Syi'ah membeli cengkeh dan pala di Maluku untuk dijual ke Eropa melalui pelabuhan Baghdad. Orang Muslim Perlak yang menganut Syi'ah pun sudah berperan dalam periode ini. Sebagai masyarakat sebuah kerajaan yang sedang berkembang, tentunya cengkeh dan pala menjadi komoditas yang dicari di pelabuhan Perlak, yang hingga abad ke-9 merupakan kerajaan Syi'ah. Masuknya mereka ke Maluku, setidaknya memberi pengaruh kepada penduduk setempat.

Periode kedua dimulai sejak abad ke-12, di mana penyiaran Islam telah disampaikan ke kalangan penduduk. Yang ikut berperan dalam periode ini adalah orang Muslim Cina, selain Arab dan Persia. Ini ditandai dengan mulai digunakannya nama-nama Arab-Islam oleh para raja di Maluku Utara. Periode ketiga yang dimulai pada abad ke-15 berlangsung sejak penerimaan Islam oleh pihak elite kesultanan.

Zaenal Abidin adalah Sultan ke-19 yang menukar agama jahiliyah dengan Islam. Yang paling banyak memainkan peran penting dalam periode ini adalah para muballigh Jawa yang menganut faham Aswaja. Kedatangan orang Muslim Arab dan Persia berfaham Ahl al Bait ini berkaitan dengan terjadinya pergolakan sosial-politik di wilayah daulah Umayah dan kemudian daulah Abbasiyah.

Ini bukan sesuatu yang mustahil, sebab sejak awal Syi.ah telah masuk ke Nusantara. Sebuah monumen ditemukan di Champa, Vietnam, yang terdiri dari batu nisan yang dibuat tahun 1039 serta sebuah tiang batu dengan aksara Arab bertarikh 1025-1035. M.P. Ravaisse yang menyelidiki tulisan tersebut mengatakan bahwa tampaknya isi dokumen ini menunjukkan bahwa di tempatnya ditemukan, sejak abad XI terdapat sebuah masyarakat kota. Mereka lain dari penduduk asli.

Paham keagamaan dan adat istiadatnya juga berbeda. Kakek moyang mereka mestinya tiba satu abad sebelumnya. Menurut Dr. S.Q.Fatimi, mereka adalah orang Arab Syi'ah. Ini lebih jelas dikemukakan Wan Hussein Azmi. Menurutnya, semenjak kerajaan Islam berdiri di Taj Jihan pada pertengahan abad ke VII, Islam makin berkembang di Sumatera Utara setelah saudagar Muslim Arab datang ke Nusantara.

Di samping itu, dengan dibukanya negeri Persia oleh kaum Muslimin pada 650H, orang-orang Persia dengan penuh suka cita berduyun-duyun masuk Islam dan banyak darinya yang hijrah ke Nusantara. Di antara keluarga Persia yang berimigrasi ke Nusantara terdapat keluarga Javani, Lor, Sabankarah, dan Asyraf.

Di samping itu terdapat satu faktor utama yang menyebabkan saudagar Muslim Arab dan Persia bercokol di Sumatera Utara pada abad ke-7, yaitu terhalangnya jalur pelayaran yang mereka tempuh melalui Selat Malaka akibat disekat armada Budha Sriwijaya sebagai balasan serangan tentara Islam ke kerajaan Hindu di Sind, India, pada zaman pemerintahan Khalifah al-Hadi (775-785 M). Maka, terpaksa kapal-kapal Arab dan Persia menempuh pelayaran melalui Sumatera Utara terus ke pesisir barat Sumatera, kemudian masuk Selat Sunda melalui Singapura menuju Kanton, Cina.

Perlak sebagai sebuah pelabuhan dagang yang maju dan aman di abad VIII menjadi tempat persinggahan kapal dagang Muslim Arab dan Persia. Dengan demikian, masyarakat Muslim di daerah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama sekali lantaran banyak terjadinya perkawinan di antara saudagar Muslim dengan wanita-wanita setempat, sehingga melahirkan keturunan Muslimin dari percampuran darah Arab dan Persia dengan putri-putri Perlak. Dan ini membawa pada berdirinya kerajaan Islam Perlak pertama, yakni pada hari selasa bulan Muharram, 840 M.

Sultan pertama kerajaan ini merupakan keturunan Arab Quraisy bernama Maulana Abdul Azis Syah, bergelar Sultan Alaiddin Sayyid Maulana Abdul Azis Syah. Menurut Wan Hussein Azmi, pedagang Arab dan Persia tersebut termasuk dalam golongan Syi'ah. Mereka menguasai Perlak hingga muncul pergolakan antara golongan Syi'ah dan Ahl Sunnah Wal Jama'ah (Aswaja) pada tahun 928 M.

Wan Hussein Azmi mengaitkan kedatangan mereka dengan Revolusi Syi'ah yang terjadi di Persia tahun 744-747. Revolusi ini di pimpin Abdullah bin Mu'awiyah yang masih keturunan Ja'far b. Abi Thalib. Bin Mu'awiyah telah menguasai kawasan luas selama dua tahun (744-746) dan mendirikan istana di Istakhrah sekaligus memproklamirkan dirinya sebagai raja Madian, Hilwan, Qamis, Isfahan, Rai, dan bandar besar lainnya. Akan tetapi ia kemudian dihancurkan pasukan Muruan di bawah pimpinan Amir b. Dabbarah tahun 746 dalam pertempuran Maru Sydhan. Kemudian banyak pengikutnya yang melarikan diri ke Timur Jauh.

Para ahli sejarah berpendapat, mereka terpencar di semenanjung Malaysia, Cina, Vietnam, dan Sumatera, termasuk ke Perlak. Bisa jadi, ada di antara mereka yang kemudian meneruskan perjalanan ke Ternate. Pendapat Wan Hussein Azmi itu diperkaya dan diperkuat sebuah naskah tua berjudul Idharul Haqq fi Mamlakatil Ferlah w'l-Fasi, karangan Abu Ishak Makarni al-Fasy, yang dikemukakan Prof. A. Hasjmi. Dalam naskah itu diceritakan tentang pergolakan sosial-politik di lingkungan Daulah Umayah dan Abbasiyah yang kerap menindas partai Syi'ah.

Pada masa pemerintahan Khalifah Makmun b. Harun al-Rasyid (813-833), seorang keturunan Ali b. Abi Thalib, bernama Muhammad b. Ja'far Shadiq b. Muhammad Baqr b. Zaenal Abidin b. Husein b. Ali b. Abi Thalib, memberontak terhadap Khalifah yang berkedudukan di Baghdad dan memproklamirkan dirinya sebagai khalifah yang berkedudukan di Makkah.

Khalifah Makmun berhasil menumpasnya. Tapi Muhammad b. Ja'far Shadiq dan para tokoh pemberontak lainnya tidak dibunuh, melainkan diberi ampunan. Malah Makmun menganjurkan pengikut Syi'ah itu meninggalkan negeri Arab untuk meluaskan dakwah Islamiyah ke negeri Hindi, Asia Tenggara, dan Cina. Anjuran itu pun lantas dipenuhi.

Sebuah Angkatan Dakwah beranggotakan 100 orang pimpinan Nakhoda Khalifah yang kebanyakan tokoh Syi'ah Arab, Persia, dan Hindi ---termasuk Muhammab b. Ja'far Shadiq--- segera bertolak ke timur dan tiba di Bandar Perlak pada waktu Syahir Nuwi menjadi meurah (raja) Negeri Perlak.

This entry was posted on Wednesday, 26 September 2007 at Wednesday, September 26, 2007 . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

34 Comment

Bagus. Aku dapet banyak info tentang Ternate dari sini. Aku ndiri bukan orang ternate, tapi sedang di Ternate.
Semoga Ternate makin maju.
Betul ka tarada?

Tuesday, 17 February, 2009

cerita atau sejarah masukny Isla di Ternate memang banyak perbedaan krn sangat tergandung dari aspek mana sejarah tersebut disandarkan. sandaran ilmiah memang tidak dapat dipungkiri memiliki kekuatan ilmiah rn didasarkan pada fakta-fakta. namun walupun demikian sejarah yang hanya bersumber dari lisan turun temurun dan korelasi-korelasi cerita ternta juga punya benang merah yang dapat juga dijadikan bukti sejarah yang tak dapat dipungkiri. disamping itu ada juga sejarah yang bersumber dri suatu proses kontempelasi ruhani yang kemudian terhubung dengan sang pemilik sejarah yang Maha Tahu yang menguraikan dengan detail setiap jengkal peristiwa yang telah terjadi di masa lalu.Seperti Rasulullah telah menceritakan dalam AlQur`an setiap peristiwa-peristiwa di masa lalu yang kemudia itu adalah benar, padahal sang Nabi tidak melakukan suatu eksperiment dan research sejarah. oleh karena itu terkait sejarah Islam pertama masuk Indonesia juga sangan variatif khususnya masuknya Islam ke Ternate. dalam konteks ini saya punya cerita buat bung Dr. Smith Alhadar seorang Putra Ternate...
Ini ceritanya...
berawal dari pergolakan dan penindasan kaum syiah di timur tengah yang sudah terjadi semenjak terjadi tebunuhnya cucunda Rasullullah Al Hasan dan Al Husain...disitulah kaum syiah senantiasa dikejar, ditindas, bahkan dibunuh...kaum syiah akhirnya terpencar-pencar dimana-mana. Persis pada abat ke 11 Masehi seorang keturunan Jafar Saddik Bin Muhammad Al Baqir hanya dan biasa dipanggil Jafar Saddik krn bernasab langsung kepada Imam Jafar Saddik. Atas petunjuk Allah beliau bertolak dri Irak dengan tujuan yang hanya diserahkan kepada Allah semata. berlayarlah Jafar Saddik bersama 15 Pengikut Setia dengan Putrinya bernama Fatimah. Sampailah mereka di tengah laut saat itu malam sangat gelap...Sang Imam pun berwudhu dan shalat kemudian beliau mengangkat tangan ke ke langit dan bermunajat kepada Allah.... Yaa Allah... tunjukilah hamba dimana tempat terbaik hamba berlabuh dan menyiarkan agamamu ini...dan serta merta saat itupun terjadi sebuah keajaiban...terlihat suatu cahaya yang terang benderang turun dari langit tanpa ujung. Cahaya tersebut jatuh pada suatu titik yang teramat jauh...terdengarlah suara ghaib...wahai hambaku, ikutilah cahaya itu sampai dimana ia berakhir, maka disitulah engkau berlabuh dan menyiarkan agama Islam...pelayaran pun dilanjutkan mengikuti arah cahaya itu. ternyata di waktu yang sama ketika cahaya itu hadir...di Ternate terjadi kehebohan luar biasa...krn masyarakat Ternate saat itu belum beragama menyaksikan jatuhnya cahaya itu di puncak Gunung Gamalama. Cahaya yang dari langit itu kemudian diterjemahkan oleh masyrakat sebagai cahaya dari langit atau kayangan... selang kehebohan yang masih menggemparkan seantero Ternate, di pantai tibalah rombongan Imam...masyarakat Ternatepun semakin dibuat heboh...kecantikan dan keelokan Fatimah dan kewibawaan sang Imam kemudian dihubung-hubungkan dengan peristiwa datangnya cahaya dari kayangan sebagai turunnya sang Imam dan Putrinya. terbentuklah suatu cerita masyarakat saat itu, bahwa putri dari kayangan telah turun di pulau Ternate...dari sinilah kemudian cerita kesultanan-kesultanan sebagai keturunan Jafar Sddik berasal dari kayangan...kehadiran sang Imam di ternate tepat pada tanggal 11 bulan 11 tahun 1111. Inilah kisah cerita yang mungkin kebenarannya diragukan namun setidaknya ini dapat diuatkan korelasi-korelasi...
adapun Islam ditulis oleh sejarah pada abad ke-14, krn didasarkan setelah dibukanya Bandar Malaka...dimana para penulis sejarah saat itu sudah hilir mudik, smentara tahun 1111 belum demikian sehingga sejarahpun tidak ditulis...wallahu alam. A. Lambado

Wednesday, 05 September, 2012
Anonymous  

buy xanax online alprazolam yellow - xanax 2mg high

Thursday, 20 September, 2012
Anonymous  

buy ambien online without prescription ambien sold online - ambien dosage 5 10 mg

Thursday, 20 September, 2012
Anonymous  

Friends, http://www.bestpricezyprexa.com/#zyprexa-medication zyprexa drug http://www.365discountmeds.net/ambien.html generic ambien no prescription

Monday, 07 January, 2013
Anonymous  

Friends, http://www.norvasconline4less.com/#generic-norvasc-online buy norvasc online no prescription http://www.neurontinmedicine.com/#generic-neurontin-online gabapentin drug

Monday, 07 January, 2013
Anonymous  

Friends, http://www.acomplia-bestprice.com/#generic-rimonabant purchase acomplia http://www.bestpricezyprexa.com/#buy-generic-zyprexa generic zyprexa

Tuesday, 08 January, 2013
Anonymous  

Friends, http://www.happypharmsales.net/kamagra.html kamagra deutschland http://www.yourcarinsurancelocal.com/ www.yourcarinsurancelocal.com

Tuesday, 08 January, 2013
Anonymous  

Friends, http://www.rustopedia.org/#finasteride-without-prescription cheap finasteride 5mg http://www.prednisoneforless.com/#order-prednisone-online prednisolone without prescription

Wednesday, 09 January, 2013
Anonymous  

Friends, http://www.acomplia-bestprice.com/#acomplia-weight-loss acomplia online http://www.prednisoneforless.com/#prednisone-sale cheap prednisone online

Wednesday, 09 January, 2013
Anonymous  

Hello, http://www.diazepamcost.com/#discount-valium buy valium http://www.newworldcleaning.net/#alprazolam-no-prescription cheap xanax online

Thursday, 10 January, 2013
Anonymous  

Hello, http://www.klonopinworks.com/#klonopin-online-pharmacy buy klonopin http://www.antidepressantsnorx.com/zoloft.html buy cheap zoloft

Friday, 11 January, 2013
Anonymous  

Hello, http://www.synthroidonlinesale.com/#synthroid-levothyroxine synthroid levothyroxine http://www.healthcaremedsnorx.net/propecia.html cheap propecia online

Friday, 11 January, 2013
Anonymous  

Hello, http://www.antidepressantsnorx.com/remeron.html buy generic remeron http://www.ataraxonlinediscount.com/#order-atarax-online buy atarax

Friday, 11 January, 2013
Anonymous  

Hi, buy levothyroxine online http://www.synthroidonlinesale.com/#synthroid-cost generic premarin http://www.premarinforless.com/#cheap-premarin

Saturday, 12 January, 2013
Anonymous  

Hi, order xanax online no prescription http://www.newworldcleaning.net/#buy-xanax-without-prescription nolvadex without prescription http://www.nothingofficial.com/#cheap-nolvadex-20mg

Saturday, 12 January, 2013
Anonymous  

Hi, meridia sale http://www.medicinesnorx.net/meridia.html www.antidepressantsnorx.com http://www.antidepressantsnorx.com/

Saturday, 12 January, 2013
Anonymous  

Hi, topamax for migraines http://www.topamaxfastrelief.com/#topamax-for-sale prozac price http://www.antidepressantsnorx.com/prozac.html

Sunday, 13 January, 2013
Anonymous  

priopsink discount buspar - generic buspar http://www.busparspecialoffer.com/

Saturday, 26 January, 2013
Anonymous  

Drug Stores Competition California diflucan without prescription - order diflucan http://www.diflucansaleonline.net/#order-diflucan , [url=http://www.diflucansaleonline.net/#diflucan-without-rx ]diflucan without rx [/url]

Saturday, 09 February, 2013
Anonymous  

Dedrix Diet Pills buy generic lexapro - buy lexapro http://www.costoflexaproonline.net/#buy-lexapro , [url=http://www.costoflexaproonline.net/#buy-lexapro-online ]buy lexapro online [/url]

Saturday, 09 February, 2013
Anonymous  

tfv cytotec 200 mg - cytotec no prescription http://www.cytoteconlinecheap.net/#discount-cytotec, [url=http://www.cytoteconlinecheap.net/#discount-cytotec]buy cytotec online no prescription [/url]

Saturday, 16 February, 2013
Anonymous  

tmd buy lamisil online - buy lamisil http://www.lamisilonlinerx.net/#purchase-lamisil, [url=http://www.lamisilonlinerx.net/#purchase-lamisil]terbinafine without prescription [/url]

Sunday, 17 February, 2013
Anonymous  

Hello, order soma online - cheap soma http://www.somanorxonline.com/#cheap-soma , [url=http://www.somanorxonline.com/#soma-online-no-prescription ]soma online no prescription [/url]

Saturday, 23 February, 2013
Anonymous  

1 order cymbalta online - cymbalta medication http://www.cymbaltabuyonline.net/#cymbalta-cost, [url=http://www.cymbaltabuyonline.net/#cymbalta-cost]cymbalta for sale[/url]

Wednesday, 27 February, 2013
Anonymous  

6, klonopin generic - clonazepam online http://www.klonopinonlinediscount.com/#no-prescription-klonopin, [url=http://www.klonopinonlinediscount.com/#klonopin-without-prescription]generic klonopin online[/url]

Saturday, 02 March, 2013
Anonymous  

3, generic adipex online - adipex pills http://www.costofadipex375.com/#cheap-adipex-37.5 mg, [url=http://www.costofadipex375.com/#cheap-adipex-37.5 mg]cheap adipex 37.5 mg[/url]

Saturday, 02 March, 2013
Anonymous  

3, imitrex for sale - buy imitrex without prescription http://www.imitrexonlinebuy.com/#buy-sumatripan, [url=http://www.imitrexonlinebuy.com/#imitrex-for-sale]sumatriptan without prescription[/url]

Sunday, 03 March, 2013
Anonymous  

Me and ozzy fucked more difficult, trying to show to my
god! FUCK YES!' ahead of cumming inside my warm pussy. were still fucking

Feel free to surf to my web-site - hcg injections
my webpage - hcg injections

Sunday, 17 March, 2013
Anonymous  

Hi, [url=http://www.phentermine37-5sale.com/]buy generic phentermine [/url] - buy cheap phentermine online - cheap phentermine no prescription http://www.phentermine37-5sale.com/.

Friday, 22 March, 2013
Anonymous  

1, Order Lamisil - buy generic lamisil no prescription http://www.lamisilfast24.net/, [url=http://www.lamisilfast24.net/] Price of Lamisil [/url]

Saturday, 23 March, 2013
Anonymous  

4, [url=http://www.rcenter.net/]generic imitrex for sale [/url] - buy generic imitrex online - buy cheap imitrex http://www.rcenter.net/.

Wednesday, 27 March, 2013
Anonymous  

12, [url=http://www.installandenjoy.com/]Generic Wellbutrin[/url] - Zyban Pharmacy - generic bupropion http://www.installandenjoy.com/

Friday, 29 March, 2013
Anonymous  

Your currеnt write-up feаtures сonfirmеd helpful to us.
It’s eхtгemеly informatiѵe anԁ you геally аre natuгally verу knowlеdgeable in this field.
Үou get eхρosed my eye tο varyіng оpіnion of this speсific mаtter with іntriguing and sounԁ contеnt.


Hеrе iѕ my wеb blog; Buy Oxycontin Online
Also visit my website ; buy oxycontin

Monday, 08 April, 2013

Post a Comment


Old Ternate Palace & Old Mosque In Ternate

View of Ternate Town

Klik Tampilan Slide